Breaking News

Butuh Pinjaman Modal

Keuntungan dari Model Pembiayaan P2P Lending Indonesia

Pembiayaan peer to peer lending atau biasa juga disingkat dengan P2P lending akhir-akhir ini memang tengah banyak diperbincangkan, terutama dikalangan para investor dan pebisnis. Pembiayaan jenis P2P lending terbaik tersebut memang dianggap sebagai salah satu alternatif pilihan pendanaan, terutama di sini untuk para pelaku UKM dan usaha kecil.

Perusahaan peer to peer lending sebagai pinjaman UKM saat ini memang banyak dipilih sebagai salah satu metode baru dalam memperoleh modal dengan cepat, termasuk juga untuk memberikan keuntungan yang besar bagi para pengusaha kecil. Lalu kira-kira apa sajakah keuntungan dari model pembiayaan peer to peer lending tersebut?

Apa Saja Keuntungan dari Model Pembiayaan P2P Lending Indonesia?

 

Menyediakan Akses yang Lebih Mudah Pada Pinjaman Modal

Keuntungan pertama dengan adanya layanan pembiayaan peer to peer lending yaitu memudahkan akses bagi para pelaku UKM untuk memperoleh pinjaman. Salah satu alasan mengapa disini pembiayaan peer to peer lending menjadi salah satu alternatif yang patut untuk dipilih yaitu karena prosesnya yang cenderung mudah.

Serta aplikasi dalam pengajuan pinjaman tidak terlalu berbelit-belit untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk modal usaha bagi para UKM. Dengan pendanaan dari peer to peer lending ini, maka pemodal ventura dan bank bukan lagi satu-satunya pihak yang menjadi sumber modal untuk memperoleh dana.

Umumnya tiap pendana yang tergabung di dalam platform peer to peer lending akan diberikan kebebasan untuk memilih sendiri jenis UKM yang nantinya hendak mereka berikan pinjaman. Di P2P lending ini cenderung mempunyai tingkat risiko serta tingkat pengembalian yang berbeda-beda bagi masing-masing investor.

Makin besar resiko dari sebuah usaha kecil menengah yang dipilih tentunya di sini, bunga pengembalian yang akan didapat oleh para pemberi pinjaman akan jauh lebih besar juga. Jika ditinjau dari sisi peminjam, maka pembiayaan peer to peer lending ini memang dianggap sangatlah sesuai bagi usaha kecil oleh karena produknya yang tidak memerlukan jaminan maupun aset. Kelayakan kredit yang diberikan dinilai melalui data kesehatan keuangan dari sebuah bisnis.

Sebagai Alat Pemasaran Guna Membantu Bisnis UKM

Keuntungan yang selanjutnya yaitu peer to peer lending sebagai salah satu alat pemasaran untuk membantu bisnis UKM. Pembiayaan dengan jenis P2P lending ini merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan produk-produk baru ataupun bisnis baru ke pasar melalui platform yang berbasis digital.

Hal tersebut merupakan cara yang terbilang mudah dan tanpa dipungut biaya. Untuk menjangkau berbagai macam saluran guna menyebarkan kampanye itu, terutama karena memang banyak platform dari P2P landing sudah terintegrasi dengan media sosial.

Sehingga hal tersebut akan makin memudahkan dalam menghasilkan lalu lintas ke situs website serta halaman media sosial lainnya. Peer to peer lending ini juga bisa membantu para pengusaha untuk memperoleh kunjungan organik dari para calon konsumen, termasuk juga untuk menarik investor yang dirasa potensial.

Quick Funding

Untuk keuntungan selanjutnya dengan adanya P2P landing ini yaitu layanan pembiayaan ini akan memudahkan bagi para pelaku UKM melewati proses pengisian aplikasi. Tidak akan terdapat proses panjang yang dirasa terlalu merepotkan dari awal mengajukan, bahkan hingga cairnya pembiayaan yang diberikan oleh pihak layanan.

Hal tersebut akan berbeda jika pelaku UKM meminjam dana dari bank, karena pasti akan dibutuhkan waktu berbulan-bulan hingga akhirnya dana tersebut disetujui dan dicairkan. Sebaliknya pembiayaan peer to peer lending bisa memenuhi pinjaman dari para UKM hanya dalam hitungan hari, bahkan hitungan jam selama di sini cukup banyak para pelaku investor yang berminat untuk memberikan pinjaman.

Membantu Pertumbuhan UKM

Manfaat utama dari peer to peer lending ini tentunya yaitu sebagai salah satu instrumen pembantu guna menyokong pertumbuhan UKM yang di Indonesia. Sebagai pihak investor, nantinya Anda akan membantu para pelaku bisnis kecil ataupun menengah supaya mereka bisa mengembangkan bisnis melalui suntikan modal yang diberikan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai apa saja keuntungan yang bisa didapat dari pembiayaan dengan sistem peer to peer lending ini bagi para UKM. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis kecil dan butuh pinjaman modal, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan P2P lending ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.