Breaking News

Amien Rais Dirikan Partai Ummat, Menantu Jadi Ketua Umum, Bagaimana dengan Anak-anaknya?

Tokoh politik senior, Amien Rais resmi mendirikan Partai Ummat, Kamis (29/4/2021). Dalam susunan pengurus partai, Amien Rais mengemban jabatan sebagai Ketua Majelis Syuro. Sementara dalam Dewan Pengurus Pusat, politisi muda Ridho Rahmadi ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Ummat.

Ridho Rahmadi adalah suami dari salah satu anak Amien Rais, Tasniem Rais sekaligus menantu mantan Ketua MPR itu. Menariknya, dalam susunan Dewan Pengurus Pusat Partai Ummat, tidak ada satu pun anak Amien Rais yang masuk. Bahkan dalam pendeklarasian Partai Ummat, hanya Tasniem Rais, anak keempat Amien Rais yang hadir.

Keempat saudaranya, yaitu Hanafi Rais, Hanum Rais, Mumtaz Rais, dan Ahmad Baihaqy Rais tidak hadir. Diduga hal ini karena anak anak Amien Rais, kecuali Hanafi Rais, masih bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN). Hanafi Rais adalah anak pertama Amien Rais dan memiliki karier politik lebih mentereng ketimbang adik adiknya.

Di PAN, Hanafi sempat menjadi Ketua Fraksi PAN periode 2019 2024 di DPR. Namun, pada Mei 2020, Hanafi memutuskan mundur dari partai yang juga didirikan sang ayah itu. Ia mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR sekaligus kepengurusan PAN.

Keputusan Hanafi terlampir dalam surat tertanggal 5 Mei 2020. Ternyata, walau absen dalam acara deklarasi, Hanafi Rais diklaim masuk dalam Partai Ummat. Ia disebut tidak bisa hadir karena masih menjalani masa pemulihan setelah mengalami kecelakaan Oktober 2020.

Sebelumnya, loyalis Amien Rais, Agung Mozin mengatakan, sejauh ini Hanafi Rais belum aktif dan bakal mendapatkan jabatan di Partai Ummat. "Mas Hanafi belum ada di floating di mana tempatnya, belum ada sama sekali." "Tidak pernah ikut juga (setiap proses pembentukan partai baru)," kata Agung saat dihubungi, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Ia menambahkan, keluarga dari Amien Rais sampai detik ini tidak ada di dalam struktur kepengurusan partai baru yang sedang disusun. Termasuk Hanafi Rais yang sudah keluar dari PAN. Hanum Rais adalah anak kedua Amien Rais yang juga seorang penulis buku.

Saat ini, Hanum Rais masih bergabung di PAN dan menjabat sebagai anggota DPRD DIY periode 2019 2024. Hanum memiliki jabatan sebagai Sekretaris Fraksi PAN DPRD DIY. Dia juga duduk di Komisi B yang membidangi perekonomian dan keuangan.

Belum diketahui secara persis, apakah Hanum Rais akan menyusul saudaranya, Tasniem dan bergabung dengan Partai Ummat bentukan sang ayah. Baihaqy Rais adalah anak bungsu Amien Rais dan masih bergabung di PAN. Sama seperti sang kakak, Hanum, Baihaqy Rais juga menjadi anggota DPRD DIY periode 2019 2024.

Ia duduk di Komisi D yang yang membidangi kesejahteraan rakyat. Sementara di fraksi PAN, Baihaqy Rais menjadi anggota fraksi. Baihaqy Rais juga tidak hadir dalam deklarasi Partai Ummat dan tidak diketahui, apakah akan bergabung dengan Partai Ummat.

Meski demikian, Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan, pihaknya membuka peluang kepada Hanum Rais dan Baihaqy Rais untuk bergabung dengan partai. "Ini perlu saya sampaikan sekaligus harapan kami, bahwa peluang besar tapi timing waktunya belum." "Karena mereka miliki renungan sendiri, yang tahu waktunya mereka, tapi saya yakin Insya Allah mereka segera bergabung," katanya kepada wartawan, Kamis (29/4/2021).

Bila memutuskan bergabung dengan partai bentukan sang ayah, baik Hanum Rais maupun Baihaqy Rais wajib keluar dari PAN. Sebab, tidak mungkin satu orang berada di dua partai secara bersamaan. Mumtaz Rais merupakan anak ketiga Amien Rais yang kini masih bergabung di PAN.

Walau tak terpilih sebagai anggota DPR RI, Mumtaz Rais memiliki jabatan mentereng di partai berlambang matahari terbit ini. Mumtaz menduduki jabatan strategis yakni sebagai Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN. Terkait apakah Mumtaz akan bergabung di Partai Ummat, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi memastikan anak Amien Rais itu tetap berada di PAN.

"Terutama Mumtaz Rais, saya jamin 100 persen hatinya ada di PAN." "Dia duduki jabatan strategis di PAN," katanya di di kantor DPW PAN Jawa Timur di Surabaya, Jumat (30/4/2021) malam. Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi.

Ridho meyakini, saudara iparnya itu belum akan bergabung dengan Partai Ummat dalam waktu dekat. "Kalau ini jawaban saya mewakili pribadi belum melihat sejauh ini ke arah situ (bergabung Partai Ummat)," kata dia, dikutip dari Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.